Apakah Ciri-Ciri Stunting Berpengaruh dengan Gen Orang Tua ?

Stunting merupakan kondisi gagal tumbuh pada anak dibawah dua tahun yang disebabkan kekurangan gizi pada waktu yang lama. Menurut Kemenkes RI, seorang balita dalam kondisi stunting dapat diketahui apabila sudah diukur panjang badannya, dan hasil pengukuran tersebut berada pada kisaran di bawah normal. Anak dengan kondisi stunting ini tergantung dari hasil pengukuran, maka tidak dapat ditebak tanpa melakukan pengukuran tersebut.

ciri-ciri stunting

Apakah ciri-ciri stunting berpengaruh dengan genetic orang tua ? Apabila anak memang memiliki keturunan pendek dan tidak mengalami kekurangan gizi atau muncul tanda-tanda kelainan berarti bukan sebuah masalah. Jadi tubuh pendek dan kondisi stunting bisa dibedakan dengan memperhatikan kondisi keluarganya. Anak dengan tubuh pendek biasanya terlahir dari orang tua yang tidak terlalu tinggi. Hal berbeda biasanya dijumpai pada anak stunting yang terus mengalami keterlambatan tumbuh. Anak stunting akan tumbuh lebih lambat sekitar 4 cm setiap tahun di masa pra pubertas. Anak stunting juga mengalami keterlambatan masa puber yang biasanya di usia 15 tahun.

Demikian informasi yang dapat disampaikan tentang ciri-ciri stunting dengan pengaruh genetic orang tua. Semoga bermanfaat