Waspadai Aktivitas Sehari-hari Dapat Merusak Gigi

Seperti yang kita ketahui bahwa gigi berfungsi tidak hanya untuk mengunyah makanan saja. Memiliki gigi sehat, putih, bersih dapat membuat kita tampil percaya diri. Apalagi jika memiliki gigi jauh dari masalah seperti gigi berlubang. Banyak hal yang dapat dilakukan untuk memiliki gigi sehat, seperti perawatan gigi dengan baik atau rutin memeriksakan gigi ke dokter.

Perawatan gigi dapat dilakukan di rumah, seperti menggosok gigi secara teratur dan jauhkan dari aktivitas yang mengakibatkan kerusakan gigi. Berikut adalah beberapa aktivitas sehari-hari yang dapat merusak gigi :

  • Mengunyah Es Batu

Bagi yang gemar mengunyah es batu memang memiliki sensai yang menyenangkan. Namun hal tersebut dapat merusak kesehatan gigi apabila sering dilakukan. Selain mengunyah es batu, ada hal yang dapat membuat gigi rentan rusak dan juga linu yaitu mencampurkan es batu dengan minuman soda.

mengunyah es batu

  • Olahraga Tidak Menggunakan Pelindung Gigi

Olahraga adalah aktivitas dapat membuat tubuh menjadi sehat dan bugar. Tetapi pada saat berolahraga, sebaiknya menggunakan pelindung gigi. Apalagi untuk jenis olahraga berat seperti tinju, gulat, pencak silat, beladiri yang memungkinkan gigi mudah rusak jika tanpa pelindung.

  • Minuman Berkafein

Minuman kafein termasuk jenis minuman favorit yang sering di konsumsi oleh para pekerja, contohnya kopi atau teh. Tidak hanya para pekerja, pada saat santai pun juga nikmat mengkonsumsi minuman tersebut. Perlu kita ketahui bahwa minuman berkafein adalah merupakan penyebab terjadinya kerusakan pada gigi. Seperti gigi keropos, gigi kuning dan berlubang adalah akibat mengkonsumsi minuman berkafein.

  • Mengunyah Permen

Permen merupakan makanan yang dapat dinikmati kapan saja dan dimanapun. Varian rasa permen juga sering kali membuat kita merasa nyaman dan senang. Namun jika mengkonsumsi permen berlebihan, dapat merusak gigi atau rasa sakit pada gigi. Menurut para ahli, mengungkapkan bahwa rusaknya gigi dengan waktu singkat adalah factor mengunyah permen. Kerusakan gigi dapat lebih buruk sebesar 50 persen bila mengunyah permen terus-menerus.

mengunyah permen

  • Menggosok Gigi dengan Sikat Berbulu Keras

Menggosok gigi adalah aktivitas rutin yang harus di kerjakan setiap hari. Untuk menggosok gigi dalam sehari di anjurkan minimal dua kali pada saat pagi setelah makan dan malam hari sebelum tidur. Karena aktivitas tersebut sering di lakukan, ada baiknya memilih sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut. Para peneliti mengungkapkan bahwa menggunakan sikat gigi berbulu kasar tidak baik untuk kesehatan gigi. Hal tersebut dapat membuat gigi mudah rusak, bahkan dapat keropos hingga patah.

Oleh sebab itu hindarilah aktivitas tersebut, agar gigi Anda tetap sehat, kuat dan bersih. Selain itu ada aktivitas lain yang dapat merusak gigi seperti, memakan atau meminum hidangan yang masih panas, menyobek benda menggunakan gigi dan berenang. Demikianlah beberapa aktivitas sehari-hari yang dapat merusakkan gigi. Semoga bermanfaat dan tunggu artikel selanjutnya.