Thin Lancet | Blood Lancet | Freestyle Lancet | Freestyle Lancing Device II

Thin Lancet merupakan jarum untuk mengambil sampel darah dalam jumlah sedikit. Jarum produksi Abbott ini praktis digunakan dan hanya dapat digunakan pada merk yang sama. Thin Lancet atau Blood Lancet umumnya digunakan bersama sebagian besar alat penusuk dan lancet dikemas dalam kemasan steril yang hanya digunakan satu kali pemakaian. Ada pun hal yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan Thin Lancet atau Freestyle Lancet ini, diantaranya adalah :

  • Jangan gunakan lanset kecuali jika kemasan yang membungkusnya dalam kondisi tersegel saat dibeli.
  • Jangan gunakan lanset jika sungkup pelindungnya sudah terlepas.
  • Hanya gunakan lanset satu kali dan buang dengan baik setelah sungkup pelindung dipasang kembali.
  • Lanset yang sudah terpakai harus dibuang dengan aman dalam wadah plastik atau karton.
  • Jangan pernah menggunakan lanset yang sama untuk mendapatkan sampel darah dari orang yang berbeda.

Freestyle Lancing Device II merupakan alat penusuk yang digunakan bersamaan dengan Thin Lancet. Alat penusuk ini terdapat dalam kemasan freestyle Optium Kit yang berfungsi untuk pemantauan gula darah sewaktu. Freestyle Lancing ini ada baiknya digunakan pada satu orang saja, karena menggunakan alat yang sama pada beberapa orang berpotensi menimbulkan infeksi. Di bawah ini adalah gambar penjelasan tentang bagian-bagian Freestyle Lancing Device II.

bagian-bagian freestyle lancing device 2

Berikut adalah cara menggunakan Freestyle Lancing Device II :

  1. Lepaskan sungkup alat penusuk (F) ke satu sudut tertentu.
  2. Masukkan lancet (H) yang baru dengan kuat ke dalam lubang pemegang lanset (E) berwarna biru. Hal ini akan mengokang alat tersebut.
  3. Pegang alat penusuk dengan kuat pada tempatnya menggunakan satu tangan, gunakan tangan yang lain untuk memutar penutup lanset (G).
  4. Pasang kembali sungkup alat penusuk (F) hingga berbunyi klik atau terpasang erat pada tempatnya. Berhati-hatilah agar tidak menyentuh jarum yang terbuka pada lanset.
  5. Atur kedalaman (A) untuk pengujian dari jari, gunakan angka paling rendah untuk menusuk. Alat penusuk menyediakan 9 pengaturan berbeda (termasuk pengaturan setengah). Tingkat 1 adalah kedalaman paling pendek dan tingkat 5 adalah kedalaman paling dalam.
  6. Tarik ke belakang kokang penggeser (D) hingga berbunyi klik.
  7. Pegang alat penusuk (dengan sungkup gelap) dengan erat pada sisi ujung jari. Tekan tombol penusuk (C). tekan-tekan jari bila perlu hingga terbentuk tetes darah.
  8. setelah melakukan tes gula darah, melepaskan lanset dapat dilakukan dengan melepas sungkup alat penusuk (F). Dorong penggeser lepas (D) ke bawah untuk melepaskan lanset dari alat. Lanset harus dilepaskan dan dibuang ke tempat sampah medis.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *