Tanaman Herbal | Buah Mengkudu

Buah Mengkudu merupakan salah satu tanaman herbal memiliki cirri khas sendiri, seperti bau yang tidak sedap dan rasa yang tidak enak. Namun buah ini telah lulus tahap pengujian dan diyakini sebagai bahan pengobatan serta dapat menjaga stamina tubuh. Dengan berbagai macam pengolahan terhadap buah mengkudu, manfaatnya banyak digunakan sebagai pengganti obat kimia. Buah mengkudu bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit diabetes, penyakit darah tinggi dan penyakit kanker.

Tanaman herbal ini dapat tumbuh di dataran rendah hingga ketinggian 1500 m dan memiliki tinggi pohon mencapai delapan meter. Tanaman mengkudu ini memiliki bunga berwarna putih dan buah dengan berbintik, ketika sudah masak buah ini berwarna putih dengan bintik berwarna hitam. Buah mengkudu dapat menghambat pertumbuhan tumor dengan merangsang sistem imunitas. Ekstrak pada buah mengkudu juga terbukti paling efektif menghambat sel RAS yang menyebabkan kanker diantara 500 ekstrak yang telah diuji.

Para ahli laborat yang telah melakukan studi mengenai efek analgesin dan ekstrak tanaman mengkudu ini menyatakan bahwa ekstrak mengkudu mempunyai aktivitas analgesic secara konsisten, tidak toksik dan tergantung pada dosis. Selain itu, buah mengkudu ini juga dapat diolah sebagai tanaman herbal yang dapat digunakan untuk kesehatan, seperti kapsul mengkudu, shampoo mengkudu, atau diolah menjadi the mengkudu.