Perbedaan Kondom Catheter dan Foley Catheter

Artikel kali ini akan menjelaskan apa perbedaan Kondom Catheter dengan Foley Catheter. Sebelum penjelesan lebih rinci, perlu diketahui Catheter adalah merupakan suatu alat berupa pipa kosong terbuat dari berbagai jenis seperti logam, gelas, karet dan plastic. Catheter digunakan untuk dimasukkannya ke dalam rongga tubuh melalui saluran atau kanal.

Catheter sendiri memiliki berbagai macam fungsi, seperti kondom catheter dan foley catheter. Kondom Catheter biasanya digunakan pada laki-laki untuk menghubungkan penis dengan urine bag melalui ujung tubenya. Kondom catheter digunakan bagi pasien yang suka buang air kecil secara tidak sadar. Kodom catheter memiliki ukuran dari 20mm sampai 40mm.

kondom-catheter-s-m

kondom-catheter-l-xl

Sedangkan Foley Catheter adalah alat yang digunakan untuk mengambil urine dalam system tertutup, bebas dari udara dan polusi sekitarnya. Biasanya dihubungkan dengan suatu urinometer dan suatu urine bag untuk keperluan pemeriksaan klinis. Memiliki ukuran bermacam-macam, seperti untuk anak (8-10 french) dan dewasa (14-18 french)

foley-catheter-16-18

 

Foley catheter memiliki dua bentuk yaitu catheter tetap dan sementara. Catheter tetap mempunyai 2 atau 3 lamen, guna untuk mengeluarkan urin, memasukkan cairan steril untuk fiksasi catheter dan memasukkan cairan obat kedalam vesika urinaria. Sedangkan catheter sementara mempunyai satu lamen untuk mengeluarkan urin.

Jenis Foley Catheter

  • Catheter Plastic, digunakan sementara karena mudah rusak dan tidak fleksibel
  • Catheter Logam, digunakan untuk pemakaian sementara. Biasanya digunakan pada pengosongan kandung kemih pada ibu melahirkan
  • Catheter Latex atau Karet, digunakan untuk pemakaian dalam jangka waktu kurang dari 3 minggu
  • Catheter PVP, untuk pemakaian 4-6 minggu. Berbahan lembut, tidak panas dan nyaman bagi urethra.
  • Catheter Silicon Murni atau Teflon, untuk pemakaian jangka waktu 2-3 bulan karena bahan lebih lentur pada meatus urethra

Hal yang perlu diperhatikan adalah jangan menggunakan ulang Kondom Catheter atau Foley Catheter yang sudah terpakai. Karena penggunaan yang terus menerus akan meningkatkan resiko infeksi dan trauma pada urethra. Selain itu, periksa tanggal kadaluarsa sebelum menggunakannya. Untuk mendapatkan Kondom Catheter dan Foley Catheter tersebut, bisa hubungi 085106805111 atau add pin 28d70474. Bagi yang berada di Kota Semarang bisa datang ke Alkes Marinno di Jalan Ahmad Dahlan No.35 depan RS Telogorejo Semarang atau hubungi (024)8415963. Demikian informasi yang dapat diberikan, semoga bermanfaat.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *