Penyebab Terjadinya Mata Minus

Mata minus atau rabun jauh biasa disebut dengan istilah medis yaitu miopi. hal ini menyebabkan penderita kesulitan melihat dengan jarak pandang jauh. Semua benda yang posisinya jauh akan terlihat menjadi buram, sehingga penderita sering kali memicingkan mata untuk melihat benda tersebut menjadi lebih jelas. Maka banyak orang dengan mata minus sering memakai kacamata atau lensa kontak agar dapat melihat lebih baik. Namun ada hal yang perlu diketahui apa penyebab mata minus terjadi ?

aktivitas di dalam ruangan

Terlalu lama melakukan kegiatan di dalam ruangan merupakan salah satu penyebab terjadinya mata minus. Kondisi di dalam ruangan pada umumnya memiliki pencahayaan lebih redup daripada pancaran sinar alami di luar ruangan, sehingga dapat membuat mata mudah lelah. Namun jika keadaan mengharuskan penderita mata minus melakukan kegiatan di dalam ruangan, sebaiknya atur pencahayaan ruangan sebaik mungkin agar tidak merusak mata.

pencahayaan kurang

Penyebab terjadinya mata minus yang mungkin tidak disadari adalah faktor keturunan. Gangguan mata minus dapat menurun apabila kedua orang tua memiliki riwayat mata minus, maka resiko menderita mata minus lebih besar. Kebiasaan membaca dan bermain gadget pun merupakan penyebab mata menjadi minus. Membaca atau bermain gadget di tempat gelap dan menatapnya terlalu dekat dapat membuat penglihatan lama-lama akan menjadi buram.

Demikian informasi yang dapat disampaikan tentang penyebab terjadinya mata minus.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *