anak cemas ditinggal

Pengertian Saparation Anxiety Disorder

Saparation Anxiety Disorder atau dikenal dengan SAD merupakan gangguan kecemasan berpisah dengan orang tua dan bisa muncul pada anak-anak sebelum berusia 18 tahun. Hal ini berfokus pada masalah kecemasan anak yang berlebihan dalam hal berpisah dengan figure penting dalam hidupnya, seperti orang tua atau pengasuhnya. Sekilas anak akan terlihat sangat rewel, menggangu atau merasa sedih secara berlebihan ketika berpisah. Namun terdapat beberapa faktor yang menjadi faktor munculnya gangguan SAD, diantaranya adalah :

  • Munculnya stress berlebihan ketika harus berpisah dalam hidup si anak
  • Rasa cemas yang berlebihan dan terjadi terus menerus akan terjadi suatu peristiwa yang dapat kehilangan figure penting di dalam hidup anak.
  • Menolak untuk bersekolah atau pergi ke tempat lain ┬ákarena tidak mau mengalami perpisahan

mimpi buruk pada anak

  • Munculnya mimpi buruk yang berkaitan dnegan masalah perpisahan
  • Munculnya masalah fisik seperti pusing, sakit kepala, mual dan sebagainya ketika berpisah dengan figure utama.

Dalam mengatasi gangguan Saparation Anxiety Disorder para orang tua perlu untuk mengantisipasi semenjak dini. Agar dikemudian hari tidak terjadi hal-hal yang tidak diharapkan. Ketika anak mengalami kecemasan berpisah, sebagai orang tua harus dapat membedakan, apakah masih dalam batas wajar atau tidak. Apabila sudah masuk ke dalam batas tidak wajar, dan mengganggu keberfungsian si anak di berbagai bidang, maka segera  dikonsultasikan kepada para profesional lebih lanjut.