Pengertian Operasi Lasik

Operasi lasik merupakan prosedur bedah rawat jalan yang digunakan untuk mengobati rabun jauh, rabun dekat dan astigmatisme. Operasi lasik ini dilakukan menggunakan sebuah laser untuk membentuk kornea memperbaiki cara mata memfokuskan sinar cahaya ke retina di belakang mata.

Bagi penderita rabun jauh, operasi lasik dapat dilakukan untuk meratakan kornea yang melengkung terlalu tajam. Namun bagi penderita rabun dekat, operasi lasik dilakukan untuk melengkungkan kornea yang terlalu datar. Operasi lasik juga dapat membenarkan kornea yang tidak teratur menjadi normal untuk penderita astigmatisme. Sebelum melakukan operasi lasik, ada beberapa persiapan yang perlu diperhatikan untuk menghindari hal buruk, diantaranya adalah :

menggunakan softlens

  • Tidak menggunakan soft contact lensa  selama 2 minggu sebelum evaluasi awal
  • Tidak menggunakan toric soft contact lensa atau rigid gas permeable lensa selama 3 minggu sebelum evaluasi pertama
  • Tidak menggunakan hard lensa selama 4 minggu sebelum evaluasi pertama
  • Tidak menggunakan berbagai krim, losion make up dan parfum sehari sebelum operasi

Setelah melakukan operasi lasik, biasanya membutuhkan waktu 3-6 bulan hingga mata dapat melihat dengan baik. Dokter akan memberikan peraturan atau beberapa hal yang tidak boleh dilakukan pasca operasi lasik, yaitu seperti tidak menggunakan make up mata apapun selama 2 minggu, tidak melakukan olahraga apapun selama 3 hari, tidak melakukan kegiatan  yang berat selama 1 bulan, tidak  boleh berenang, maupun masin di air panas selama 2 bulan dan sebaiknya menggunakan pelindung mata di malam hari selama 1 bulan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *