Pengertian Kartilago | Tulang Rawan

Kartilago merupakan salah satu jaringan ikat yang terbuat dari sel kondrosit tertanam dalam matriks dan berfungsi untuk memberikan efek bantalan pada sendi. Kartilago atau tulang rawan memiliki tiga jenis, yaitu tulang rawan hialin, kartilago elastis dan fibrokartilago. Dari masing-masing jenis kartilago tersebut memiliki fungsi berbeda, diantaranya adalah :

Tulang rawan hialin mengandung sebagian besar serat kolagen tipe II yang berperan membentuk sebagian besar rangka embrional, memperkuat saluran pernapasan, untuk pergerakan persendian, dan berperan dalam pertumbuhan tulang panjang. Tulang rawan hialin dapat ditemukan pada persendian tulang, pembuluh bronkus, cincin tulang rawan dan trakea, ujung ujung tulang rusuk, dan ujung-ujung tulang panjang.

tiga jenis kartilago

Kartilago elastis mengandung serat elastin, sehingga lebih fleksibel dibandingkan dengan jenis lainnya. Kartilago jenis ini berperan memberikan keseimbangan sempurna dari struktur dan fleksibilitas dan membantu menjaga struktur tubular terbuka. Kartilago elastis ini ditemukan pada telinga bagian luar, laring, dan tabung eustachian.

Fibrokartilago mengandung lebih banyak kolagen hialin, termasuk kolagen tipe I lebih banyak dan lebih tanggung daripada tipe II. Kartilago jenis ini membentuk cakram intervertebralis, menghubungkan tendon dan ligamen tulang, dan muncul di daerah bertekanan tinggi lainnya. Keruksakan tulang rawan hialin sering diganti oleh fibrokartilago, yang sayangnya tidak menanggung bagian berat juga karena kekakuan.

Demikian informasi yang dapat disampaikan tentang penegrtian kartilago atau tulang rawan dan beberapa jenisnya, semoga bermanfaat.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *