Pengertian Indeks Glikemik pada Kandungan Beras

Indeks Glikemik adalah tingkatan pangan menurut efeknya terhadap kadar gula darah atau bisa disebut dengan respon glucose terhadap suatu asupan makanan. Indeks Glikemik mempunyai jumlah berbeda-beda pada setiap produksi beras dan penderota diabetes berasumsi untuk membatasi mengkonsumsi nasi karena beras dituding sebagai pangan hiperglikemik. Hal ini disebabkan karena kurangnya informasi mengenai arti dan manfaat indeks glikemik dan kurangnya kesadaran dari masyrakat itu sendiri untuk mengkomsumsi makanan sehat.

Nilai atau angka Indeks Glikemik tunggal terbagi menjadi tiga, yaitu tinggi, sedang dan rendah. Nilai dapat dikata tinggi, jika nilainya sama atau lebih dari angka 70. Jika nilainya sama dari 55 hingga 69, maka dapat dikata sedang. Dan apabila nilainya di bawah angka 55 dapat dikata rendah. Pada penelitiannya, dalam Indeks Glikemik menunjukkan bahwa karbohidrat yang berbeda akan memberikan efek berbeda pada kadar gula darah dan respon insulin.

nilai indeks glikemik

Penderita diabetes, kolesterol, obesitas dan penderita degenerative lain, dipastikan perlu membatasi makanan yang memiliki indeks glikemik tinggi. Karena makanan yang memiliki nilai indeks glikemik rendah bermanfaat bagi kesehatan. Apa saja manfaat Indeks Glikemik Rendah? Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari diet dengan nilai Indeks Glikemik Rendah :

  • Dapat mencegah dan mengelola diabetes. Karena indeks glikemik tinggi dapat meningkatkan resiko terkena diabetes tipe 2
  • Dapat mencegah kanker. Karena makanan dengan indeks glikenik tinggi memicu kenaikan resiko kanker kolesterol, kanker payudara dan kanker ovarium atau prostat.
  • Dapat terhindar dari penyakit jantung. Dengan diet rendah indeks glikemik dapat mengurangi kolesterol jahat dan trigliserida dalam waktu satu bulan. Diet tersebut sekaligus mengurangi resiko infark miokard fatal.
  • Dapat menurunkan obesitas. Makanan dengan indeks glikemik rendah menciptakan┬árasa kenyang yang lebih besar dan bertahan lebih lama. Karena rasa lapar baru muncul lagi beberapa jam kemudian.

Demikian informasi yang dapat disampaikan tentang pengertian indeks glikemik dan beberapa manfaatnya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *