Manfaat Daun Jambu Biji

Jambu Biji merupakan salah satu buah yang mengandung vitamin C dan memiliki kadar air cukup banyak. Selain itu, buah jambu biji juga berkhasiat sebagai obat antibakteri karena didalamnya mengandung avikularin dan guaijaverin. Pohon Jambu Biji ini dapat ditanam sebagai pohon buah-buahan. Namun tidak sedikit pula tumbuh liar dan dapat ditemukan pada ketinggian antara 1-1200 m di atas permukaan laut. Selain buah jambu biji memiliki banyak manfaat, daun jambu biji juga memiliki khasiat yang beragam, seperti anti diare, anti radang, menghentikan perdarahan, dan meredakan sakit haid.

Selain dapat digunakan untuk pengawetan telur ayam rebus dan meringankan aroma jengkol yang menyengat, daun jambu biji juga dapat menyembuhkan luka. Dengan cara menumbuk daun jambu biji hingga halus kemudian tempelkan pada sekitar luka. Daun jambu biji dapat diolah sebagai minuman untuk menyembuhkan disentri atau gangguan pencernaan lainnya. Cara mengolahnya cukup mengambil 5-7 lembar daun biji yang telah dicuci bersih dan tuangkan dengan air panas, kemudian minum air sebanyak 3-4 sendok.

Menurut hasil uji tes laboratorium mengatakan, bahkan ekstrak daun jambu biji mengandung antosianin dan senyawa tanin yang berperan penting pada pewarnaan daun jambu biji. Mengkonsumsi daun jambu biji juga menyehatkan karena dapat menurunkan resiko diabetes. Caranya adalah merebus daun jambu biji yang telah ditumbuk, kemudian meminum airnya.