macam kandungan dalam buah sirsak

Macam Kandungan dalam Buah Sirsak

Sudah sejak lama buah sirsak memiliki manfaat sebagai tumbuhan obat baik untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Mulai dari penyakit ringan seperti gatal-gatal pada kulit hingga penyakit berat seperti tumor dan kanker. Hampir semua bagian tumbuhan sirsak yang dapat dimanfaatkan sebagai obat, diantaranya adalah  buah, daun, akar, biji, bunga dan kulit batang. Pada setiap bagian tanaman ini memiliki kasiat yang berbeda, tergantung senyawa yang dimilikinya.

Buah sirsak banyak mengandung karbohidrat terutama fruktosa dan mengandung banyak vitamin, seperti vitamin C, B1, serta vitamin B2. Selain itu, ada pula berbagai kandungan lainnya yang terdapat pada buah sirsak. Berikut adalah kandungan dalam buah sirsak dan kegunaannya :

Kaya Akan Serat.

Serat dalam buah sirsak dapat melancarkan pencernaan, dapat mengontrol kadar kolesterol, mengontrol berat badan dan dapat membantu mengendalikan nafsu makan.

Mengandung Karbohidrat.

Karbohidrat yang terkandung pada buah sirsak tidak memicu peningkatan kadar gula darah, karena jauh lebih sehat dibandingkan karbohidrat dalam kue dan nasi.

Kalium.

Terdapat kalium pada buah sirsak yang berperan penting untuk membantu otot, kontraksi tulang, pencernaan dan mengatur tingkat tekanan darah yang sehat.

Kadar Air Tinggi.

Buah dengan kadar air tinggi ini dapat membantu pencegahan dehidrasi dan dianggap sebagai antioksidan.

Vitamin C

Vitamin C ini berperan penting dalam sistem kekebalan dan membantu tubuh melawan penyakit seperti kerusakan kulit, menyembuhkan luka, dan dapat melawan kerusakan akibat radikal bebas.