macam buah mengandung vitamin c

Macam Buah Mengandung Vitamin C

Vitamin C merupakan salah satu vitamin penting yang dibutuhkan oleh tubuh untuk pertumbuhan dan perbaikan sel-sel dalam tulang, gigi, kulit dan jaringan lainnya. Vitamin C juga bermanfaat untuk meningkatkan penyerapan zat besi dari sumber makanan nabati, mengurangi resiko penyakit kanker dan membantu menjaga sistem kekebalan tubuh. Asupan vitamin C dapat diberikan dengan mengkonsumsi sayur, suplemen atau pun dengan suntik vitamin C. Selain itu, vitamin C juga dapat terkandung dalam berbagai macam buah. Berikut adalah macam buah yang mengandung vitamin C beserta manfaatnya.

Jambu Merah

Kandungan vitamin C jambu merah dapat memelihara sistem kekebalan tubuh, mencegah berbagai jenis infeksi dan penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Bahkan vitamin C yang tinggi dalam jambu merah juga berperan sebagai zat anti inflamasi sehingga baik untuk mencegah radang tulang.

Senyawa licopen, vitamin C, polifenol dan quersitin dalam jambu merah bisa bertindak sebagai penangkal radikal bebas dan mencegah pertumbuhan sel kanker. Beberapa jenis kanker yang bisa dicegah antara lain adalah kanker usus, paru-paru, prostat dan payudara.

Blackcurrant

Vitamin C dalam blackcurrant sangat baik sebagai antioksidan yang berperan untuk mengatasi masalah penuaan dini dan melindungi kesehatan kulit tubuh.

Kandungan vitamin C dalam buah blackcurrant juga bermanfaat untuk mencegah penyakit, melindungi tubuh dari virus flu dan mencegah radang lambung. Bahkan vitamin C dari buah ini juga sangat baik untuk mendukung produksi sel darah merah dan perlindungan terhadap kesehatan mata.

Leci

Leci menyimpan semua kebutuhan vitamin C untuk tubuh dan berperan untuk menjaga kesehatan. 

Leci menjadi sumber antioksidan dalam tubuh sehingga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah berbagai jenis penyakit karena infeksi virus seperti flu dan batuk, dan memenuhi asupan vitamin C harian.

Kandungan vitamin C, B Kompleks, dan flavonoid dalam buah leci dapat melindungi tubuh dari serangan kanker dan tumor.

Pepaya

Vitamin C dalam buah pepaya mampu mencegah semua jenis gejala penuaan dini. Kandungan antioksidan dalam buah pepaya juga sangat baik untuk memelihara kecantikan kulit.

Strawberry

Kandungan vitamin C dalam buah strawberry bermanfaat untuk mencegah berbagai gejala peradangan, menurunkan resiko serangan jantung, mencegah radikal bebas dan menurunkan resiko kanker.