lingkungan berkarakter

Lingkungan Berkarakter

Kepribadian merupakan dasar dari pembentukan karakter seseorang dan seseorang tersebut dapat merespon terhadap segala sesuatu. Tidak sedikit orang melakukan tes kepribadian untuk memahami karakter masing-masing. Pada umumnya tes kepribadian telah membantu banyak orang untuk mengenali dan membentuk karakternya menjad lebih baik. Namun, kepribadian baik dapat dibentuk dengan membangun lingkungan berkarakter. Karena lingkungan sangat menentukan proses pembentukan karakter diri seseorang.

Lingkungan yang positif dapat membentuk diri menjadi pribadi berkarakter positif, begitu sebaliknya dengan lingkungan yang negative dan tidak sehat dapat membantu pribadi yang negative pula. Contohnya, ada seorang anak terbiasa berkata kotor, tentunya ia dapat meniru dari lingkungan sekitar. Hal ini tidak akan mudah meminta si anak untuk berhenti berkata kotor, sementara orang lain juga melakukan hal yang sama. Untuk mengatasinya adalah dengan menciptakan lingkungan yang sehat bagi anak-anak dan individu yang tinggal didalamnya.

Lingkungan berkarakter sangatlah penting bagi perkembangan individu. Lingkungan dimana yang mendukung terciptanya nilai-nilai karakter dalam kehidupan, seperti karakter cinta Tuhan dan segenap ciptaan-Nya. Karakter tidak hanya pada tahap pengenalan dan pemahaman saja, namun dapat menjadi kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari yaitu seperti karakter bertanggung jawab, jujur, santun, dermawan, suka menolong, gotong royong dan sebagainya.

Membentuk lingkungan berkarakter dapat dimulai dari diri sendiri yang selanjutnya diteruskan dalam lingkungan keluarga. Diri sendiri harus dibenahi terlebih dahulu sebelum membenahi orang lain, seperti halnya membiasakan diri membangun pola pikir positif, melakukan kebiasaan yang baik, membangun karakter diri yang pantang menyerah dan dalam keluarga kita biasakan menerapkan nilai-nilai tersebut.