khsiat pada buah manggis

Khasiat pada Buah Manggis

Buah amnggis merupakan salah satu buah yang mempunyai banyak keunggulan dibandingkan dengan buah lainnya. Ada dua bagian buah manggis yang mengandung senyawa aktif yang bermanfaat bagi tubuh. Bagian pada buah manggis yang kaya akan zat-zat bermanfaat adalah daging pada buah manggis dan kulit manggis. Kedua bagian itu terbukti mengandung anti oksidan yang sangat tinggi, sehingga dapat mengurangi kapasitas radikal bebas untuk menimbulkan kerusakan pada sel, jaringan serta organ.

Pada umumnya, masyarakat menggunakan buah manggis untuk mengobati diare, radang amandel, keputihan, disentri, wasir, luka borok, peluruh dahak dan sakit gigi. Selain pada buahnya, kulit buah manggis juga memiliki khasiat untuk mengobati sariawan, disentri, nyeri urat dan sembelit. Ekstrak kulit manggis juga digunakan sebagai anti histamine, anti inflamasi, menekan sistem saraf pusat, menurunkan tekanan darah dan dapat melawan sel kanker seperti payudara, hati bahkan leukemia.

Beberapa hasil penelitian telah membuktikan bahwa 100 gram buah manggis memiliki kandungan gizi beragam. Dan kulit buah manggis mengandung senyawa yang memiliki aktivitas farmokologi sebagai anti inflamasi, anti histamine, anti bakteri, anti jamur, anti malaria, hipertensi, stroke, terapi HIV dan anti aging. Bahkan di Indonesia banyak mengkonsumsi buah dan olahan kulit manggis secara rutin dapat menghilangkan resiko terhadap kanker.