Jenis Kotoran Telinga

Kotoran Telinga adalah zat yang terjadi secara alami di dalam rongga telinga dan berfungsi untuk melindungi saluran telinga. Zat yang berada di dalam telinga merupakan campuran dari kulit ari, keringat, rambut dan kotoran yang bercampur menjadi satu dengan cairan yang dihasilkan oleh kelenjar serumen. Kotoran yang berada di dalam telinga memiliki jenis berbeda-beda pada setiap orang. Membiarkan  telinga dalam keadaan kotor tentunya berpengaruh pada kesehatan dan dapat menggangu pendengaran. Berikut adalah penjelasan tentang kotoran telinga berdasarkan jenisnya.

kotoran telinga kering-cair

Kotoran Telinga Kering

Jenis kotoran telinga kering disebabkan karena adanya penyakit kulit atau dermatitis, yang dapat membuat kulit menjadi kering. Selain itu, keringnya kotoran telinga karena kurangnya lemak dalam tubuh.

Kotoran Telinga Cair

Kotoran telinga cair dapat menunjukkan adanya peradangan di dalam telinga. Sebaiknya segera periksakan ke dokter, jika mengalami hal tersebut.

kotoran telinga dengan bau - warna putih

Kotoran Telinga dengan Bau Tidak Sedap

Telinga yang kotor dan disertai dengan bau tidak sedap dapat menunjukkan adanya infeksi di telinga tengah. Hal ini dapat muncul gejala seperti mendengar suara bising dari waktu ke waktu.

Kotoran Telinga dengan Sedikit Warna Putih

Kotoran telinga yang berwarna putih disebabkan karena kekurangan vitamin dan zat mikro di dalam tubuh. Untuk mencegahnya, dianjurkan untuk mengkonsumsi kacang-kacangan dan oatmeal.

kotoran telinga berwarna hitam - kecoklatan - merah darah

Kotoran Telinga Berwarna Hitam

Kotoran telinga berwarna hitam dapat ditujukan karena adanya infeksi jamur di dalamnya. Hal ini dapat terjadi sesekali, namun jika muncul gejala gatal dan rasa gatal menjadi semakin kuat maka segera untuk mengunjungi dokter.

Kotoran Telinga Berwarna Kecoklatan

Kotoran telinga berwarna kecoklatan dapat menunjukkan adanya tanda-tanda mengalami masa sulit, seperti stress.

Kotoran Telinga Berwarna Merah Darah

Kotoran telinga jenis ini menunjukan bahwan gendang telinga berlubang. Hal ini terjadi karena infeksi yang dapat menyebabkan otitis.

Demikian informasi yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat.