Handle Scalpel dan Surgical Blade

Handle Scalpel adalah peralatan medis berbahan stainless steel yang dapat digunakan berulang kali dalam proses sterilisasi. Handle Scalpel atau batang pisau ini biasanya digunakan untuk mengiris jaringan. Pada awalnya Scalpel melekat menjadi satu, namun sekarang banyak tersedia Handle Scalpel dengan Surgical Blade yang dapat dilepas dan dijual terpisah. Surgical Blade adalah pisau bedah steril yang bersifat disposable atau hanya dapat digunakan dalam sekali pemakaian.

handle scalpel no.3-4surgical blade no.11-26

Surgical Blade memiliki ketajaman yang kuat dan setiap kemasan pisau dikemas dengan alumunium foil agar tetap terjaga kehigienisannya. Scalpel biasa digunakan untuk menginsisi kulit, memotong jaringan dan mengangkat jaringan atau benda asing dari bagian dalam kulit. Cara menggunakan Handle Scalpel dan Surgical Blade yaitu dengan memegang ujung pisau dengan needle-holder dan pasang dari lidah pegangan. Setelah digunakan, dapat melepas Surgical Blade dari Handle Scalpel kemudian buang pada tempat sampah.

Handle Scalpel memiliki ukuran yaitu nomor 3 dan nomor 4, sedangkan Surgical Blade memiliki berbagai ukuran seperti nomor 11 hingga nomor 26 dan nomor 40. Pada umumnya Handle Scalpel nomor 3 dapat digunakan untuk Surgical Blade nomor 11-16 dan nomor 40, dan Handle Scalpel nomor 4 dapat digunakan untuk Surgical Blade nomor 18-26.

Demikian informasi yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *