Fungsi Tongkat Lidah atau Tongue Spatel

Tongkat Lidah atau Tongue Spatel adalah alat yang digunakan untuk memeriksa lidah pasien. Tongue Spatel memiliki nama lain yaitu Tongue Depressor atau penekan lidah, di Inggris sering juga disebut Tongue Blade dan di Jerman disebut Zungenspatel.

Fungsi dari Tongue Spatel atau Tongue Depressor adalah untuk menekan lidah agar melihat lebih jelas keadaan di dalam tenggorokan, apa bila adanya kelainan atau terdapat peradangan pada tenggorokan, seprti pharyngitis, amandel dan sebagainya.

tongue-spatel-kayu

Tongue Spatel tersedia tiga macam, yaitu Tongue Spatel Kayu, Tongue Spatel Stainless Lubang dan Tongue Spatel Stainless Polos. Tongue Spatel Kayu digunakan dengan cara menekan lidah pasien sehingga keadaan di dalam tenggorokan bisa terlihat dengan jelas. Tongue spatel ini paling umum digunakan karena berbentuk datar, tipis, berbahan kayu dan bulat pada kedua ujungnya. Namun tongue spatel kayu sulit untuk di cuci, sehingga hanya dipakai dalam sekalli pemakaian.

Sedangkan Tongue Spatel Stainless Lubang, biasa diartikan sebagai instrument atau alat yang digunakan untuk pemeriksaan rongga mulut seperti pemeriksaan amandel. Alat ini juga sering digunakan dalam proses operasi pengambilan amandel. Tongue spatel ini terbuat dari bahan logam stainless yang agak lentur sehingga dapat dibengkokkan sesuai dengan bentuk atau anatomi rongga mulut. Alat ini memiliki jumlah 8 lubang yang terdapat pada setiap sisi masing-masing 4 lubang. Lubang pada tongue spatel berfungsi sebagai pegangan anti slip dan berfungsi juga untuk melihat objek yang diperiksa. Selain itu, alat ini juga dapat digunakan kembali setelah dicuci dan di sterilkan.

tongue-spatel-stainless

Tongue Spatel Stainless Polos berfungsi untuk memeriksa rongga mulut dan lidah pasien dengan cara menekan lidah pasien ke atas atau ke bawah, sehingga keadaan di dalam tenggorokan bisa terlihat dengan jelas. Alat ini dapat digunakan kembali karena bahan terbuat dari logam stainless yang mudah di cuci dan di sterilkan sebelum kembali digunakan.

Demikian informasi tentang bagaimana penggunaan tongue spatel dan macam tongue spatel yang dapat disampaikan. Untuk mendapatkan Tongue Spatel Kayu dan Stainless dapat menghubungi 085106805111 atau add pin 28d70474. Bagi yang berada di Kota Semarang dapat mengunjungi Alkes Marinno di jalan KH Ahmad Dahlan No.35 depan RS Telogorejo Semarang atau hubungi (024) 8415963 untuk menanyakan info lainnya. Semoga bermanfaat.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *