Cara tepat untuk mengobati radang tenggorokan pada anak-anak

Radang tenggorokan kerap sekali mengganggu dalam aktivitas, penyakit ini banyak di derita oleh anak-anak maupun orang dewasa. Untuk gejala dari penyakit radang tengorokan, antara lain:

  • Rasa sakit atau gatal di tenggorokan.
  • Sakit atau nyeri saat menelan atau berbicara.
  • Sulit menelan.
  • Bengkaknya kelenjar di leher atau rahang.
  • Amandel bengkak dan menjadi kemerahan.
  • Suara serak.
  • Demam

Radang tenggorokan biasanya lebih disebabkan karena infeksi bakteri Streptococcus atau tonsillitis, yaitu inflamasi yang disebabkan oleh infeksi virus. Pada umumnya radang tenggorokan juga merupakan salah satu gejala awal flu dan dapat disembuhkan. Untuk radang tenggorokan pada anak biasanya dapat menyebabkan kehilangan nafsu makan dan stamina. Berikut beberapa cara untuk mengobati dan mengatasi radang tenggorokan pada anak:

  1. Kumur dengan larutan garam. Untuk anak-anak di atas 5 tahun, cobalah agar mereka mau berkumur dengan larutan garam. Tidak perlu terlalu pekat, larutkan saja 1/4 sendok makan garam dengan 250 ml air hangat.
  2. Teh hangat dan madu. Teh encer yang masih hangat bisa menyamankan tenggorokan anak. Sementara madu akan meningkatkan sistem kekebalan mereka terhadap virus dan bakteri penyebab radang tenggorokan.
  3. Kaldu ayam kampung dan bawang putih. Sup encer yang dibuat dari kaldu ayam kampung dan bawang putih juga baik untuk radang tenggorokan. Zat besi dari ayam dan sifat anti-bakteri serta anti-inflamasi bawang putih akan membantu meredakan infeksi dan membersihkan saluran pernapasan.

di lansir dari Ask Dr. Sears

Alkes Marinno

Jl.Kh.Ahmad Dahlan no.35 Semarang

( buka hari senin-jumat pukul 08.00-22.00, sabtu pukul 08.00-21.00 dan minggu 16.00-21.00 )

Telp (024) 8415963

Sms 085106805111

Wa 087832422265