cara mengolah daun jambu biji

Cara Mengolah Daun Jambu Biji

Jambu biji merupakan buah yang mengandung tanin yang dapat menimbulkan rasa sepat pada buah yang berfungsi untuk melancarkan sistem pencernaan, sirkulasi darah dan berguna untuk menyerang virus. Selain buahnya baik untuk tubuh, daun jambu biji juga memiliki kandungan yang bermanfaat bagi tubuh, diantaranya sebagai anti inflamasi, anti mutagenic, anti mikroba dan analgesic. Daun jambu biji dapat digunakan sebagai tanaman herbal dan diolah untuk dapat dikonsumsi. Bagaimana cara mengolahnya ? Berikut adalah cara mengolah daun jambu biji beserta kegunannya :

Meredakan Diare

Timbang daun jambu biji sebanyak 30 gram ditambah dengan satu genggam tepung beras dan beri 2 gelas air. Rebus hingga mendidih, diamkan dan minum airnya sehari dua kali.

Meredakan Sariawan

Rebus satu genggam daun jambu biji yang ditambah dengan satu jari kulit batangnya dan beri satu liter air. Saring dan minum dua kali sehari.

Mengobati Kencing Manis

Potong-potong satu buah jambu biji yang belum masak, kemudian rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Saring dan diminum dua kali sehari.

Mengobati Wasir

Tumbuk beberapa daun jambu biji dan satu buah pisang batu. Ambil air perasannya dan minum setiap hari secara teratur hingga sembuh.

Mengobati Kembung pada Anak

Siapkan 3 lembar daun jambu biji, setengah jari kulit batang pulosari dan lima butir adas. Rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Saring dan berikan sehari sekali pada anak usia diatas 6 tahun. Untuk usia 3 tahun dapat diberikan air rebusan sebanyak 2 sendok makan dalam sehari tiga kali.