Cara Melakukan Tes Glukosa Darah atau Keton Darah

Melakukan tes gula darah atau keton darah dapat dilakukan dengan menggunakan sampel darah pada area tertentu. Pilihan lokasi tes untuk pengukuran gula darah dapat dilakukan di jari, lengan bawah, lengan atas dan pangkal ibu jari. Sedangkan pengambilan sampel darah yang hanya digunakan dari ujung jari biasanya untuk pengukuran keton darah. Hal yang perlu dihindari saat mencari lokasi sampel darah adalah area tahi lalat, vena, tulang dan tendon karena dapat mengalami memar.

Ada baiknya tidak menggunakan sampel darah dari lokasi alternative jika merasa kadar gula darah rendah atau berubah dengan cepat. Hal lainnya adalah hasil lokasi tidak sesuai dengan apa yang dirasakan, telah didiagnosa dengan ketidaksadaran hipoglikemik, sesudah makan, menggunakan insulin dan berolah raga kurang dari dua jam yang lalu. Untuk melakukan tes gula darah atau keton darah, dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :

tes gula dan keton alat optium

  • Buka kemasan foil tes strip dengan merobek bagian lekukan untuk mengeluarkan tes strip.
  • Masukkan tes strip ke dalam alat ukur hingga tidak dapat bergerak (muncul KET pada layar jika tes strip keton berwarna ungu dimasukkan). Hal ini akan menyebabkan alat ukur menyala.
  • Muncul gambar tetesan darah berkedip, menunjukkan bahwa alat ukur siap menerima sampel pada tes strip.
  • Alat ukur akan mati setelah tidak digunakan dalam 3 menit. Maka dapat mengeluarkan dan masukkan kembali tes strip yang belum digunakan untuk menyelakan ulang alat ukur.

tes gula dan keton alat optium.1

  • Gunakan alat penusuk atau autoclick untuk mengambil sampel darah.
  • Arahkan tetesan darah ke bidang putih pada ujung tes strip. Darah selanjutnya akan ditarik ke dalam tes strip. Tahan darah pada tes strip hingga melihat 3 garis pendek pada layar alat ukur. Hal ini menandakan bahwa sampel darah yang diberikan sudah cukup.
  • Selama hitungan mundur berlangsung, sebaiknya jangan melepas tes strip dari alat ukur.

 

 

lihat hasil pengukuran alat freestyle optium

 

  • Hasil pengukuran akan muncul pada layar alat ukur dan hasilnya akan disimpan dalam memori. Jika melihat gambar suntikan, hal ini menunjukkan bahwa alat ukur dapat menganjurkan dosis insulin makanan yang baru.
  • Tekan dan tahan gambar kupu-kupu untuk mematikan alat ukur. Buang tes strip yang sudah terpakai.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *