Cara Berolahraga Yang Efektif Untuk Tubuh

Berolahraga untuk meningkatkan kebugaran secara efektif perlu memperhatikan takaran latihan, model latihan dan tata cara latihan yang benar. Artikel ini akan mengkaji cara berlatih olahraga yang benar, sehingga dapat meningkatkan kebugaran secara aman dan efektif yang dapat dilakukan oleh semua orang. Struktur tubuh manusia tersusun atas berat badan tanpa lemak dan berat badan berlemak. Tubuh wanita pada umumnya memiliki berat badan berlemak lebih besar dibandingkan dengan tubuh pria.

senam aerobic

Berolahraga yang benar harus mempertimbangkan potensi masing-masing orang, untuk itu perlu disusun takaran latihan, seperti intensitas dalam ukuran yang menunjukkan berat atau ringannya rangsang latihan, banyaknya latihan yang dilakukan setiap minggunya, dan berapa lamanya latihan setiap sesi. Model latihan atau jenis latihan yang dapat dilakukan antara lain jogging, bersepeda, berenang, senam aerobic, dan aquarobik.

Tata cara latihan dapat berisi serangkaian gerak yang harus dilakukan secara berurutan, seperti pemanasan, latihan inti, dan penenangan. Pemanasan dilakukan untuk meningkatkan laju metabolism dan menyempurnakan disosiasi oksigen dari hemoglobin serta mengurangi terjadinya cidera otot atau sendi. Latihan inti berupa bentuk aktivitas fisik yang tersusun dalam program sesuai tujuan yang hendak dicapai. Penenangan atau cooling down berisi serangkaian gerak yang berfungsi agar suhu badan dan denyut jantung kembali pada kondisi sebelum berlatih secara bertahap dan mempercepat proses pemulihan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *