Blood Transfusion Set dan Disposable Infusion Set

Blood Transfusion atau Infusion Set merupakan peranan penting dalam terapi intravena. Peranan penting dari alat tersebut adalah sebagai penyalur antara cairan yang ada di dalam botol menuju ke IV kateter yang di masukkan ke dalam pembuluh darah vena. Namun masing-masing memiliki bagian-bagian yang berbeda, yaitu sebagai berikut :

Blood Transfusion Set

blood-tranfusi

Merupakan alat bantu saluran masuk serta penyetelan keluarnya darah ke dalam tubuh atau transfusi darah. Blood Transfusion Set digunakan pada pasien yang mendapatkan transfusi atau tambah darah. Bagian-bagian tersebut dimulai dari atas hingga ke bagian yang terhubung IV kateter.

  • Bagian yang pertama adalah bagian atas yang berbentuk seperti jarum berukuran besar yang di sisi dekat ujungnya terdapat lubang-lubang yang berfungsi sebagai tempat masuknya cairan dari botol ke tabung pengatur tetesan.
  • Bagian kedua merupakan bagian yang berbentuk seperti tabung kecil yang berfungsi untuk menyimpan cairan sebelum mengalir ke dalam selang infuse. Di bagian ini juga dapat melihat dan mengatur berapa tetesan infuse per menit. Di dalam tabung tersebut terdapat lubang berdiameter kurang lebih 3mm berfungsi sebagai pintu masuk cairan infuse ke tabung infuse set. Selain itu, di dalam tabung infuse set terdapat penyaring yang dapat berfungsi sebagai penyaring darah ketika melakukan transfuse
  • Bagian ketiga adalah selang infuse. Selang infuse merupakan sebuah saluran yang terbuat dari bahan plastic atau silicon elastic yang berbentuk seperti selang dan didalamnya terdapat lubang yang dapat dialiri oleh cairan. Selang infuse memiliki panjang satu meter dengan ukuran diameter kurang lebih 3mm. Di bagian ujung selang infuse berbentuk kerucut yang dapat dimasukkan ke dalam IV kateter langsung atau ada juga yang berbentuk seperti mur yang dapat diputar dan dikunci ke IV kateter. Hal ini terjadi karena setiap merek berbeda-beda
  • Sebelum di ujung selang infuse terdapat tempat penyuntikan yang digunakan untuk memasukkan obat ke dalam infuse atau vena

Disposable Infusion Set

infus-set-dewasa

infus-set-anak

Merupakan alat bantu saluran masuk serta penyetelan keluarnya cairan infuse kedalam jaringan tubuh. Pada umumnya bagian-bagian infuse set hampir sama dengan bagian blood transfusion, namun ada perbedaan pada lubang pengeluaran cairan yang ada di dalam tabung infuse. Disposable Infusion Set tidak memiliki penyaring di dalam tabung infuse set.

Disposable Infusion Set memiliki dua ukuran yaitu untuk dewasa dan anak. Disposable infusion set dewasa pada bagian di dalam tabung terdapat lubang berdiameter kurang lebih 3mm. Sedangkan disposable infusion set anak pada bagian di dalam tabung terdapat lubang berdiameter lebih kecil seukuran dengan jarum suntik ukuran 10cc. Demikian informasi yang dapat disampaikan semga bermanfaat.

One thought on “Blood Transfusion Set dan Disposable Infusion Set

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *