jenis buah mengandung vit c

Beberapa Jenis Buah yang Mengandung Vitamin C Beserta Manfaatnya

Vitamin C yang terkandung dalam buah memiliki manfaat yang dibutuhkan oleh tubuh. Selama ini sumber vitamin C terbaik adalah buah jeruk, namun ada beberapa jenis buah lain yang memiliki kandungan vitamin C lebih banyak. Pasalnya, vitamin C sendiri bermanfaat untuk pertumbuhan dan perbaikan sel-sel tulang, gigi, kulit dan jaringan lainnya. Selain itu, kandungan vitamin C di dalam buah juga memiliki manfaat beragam yang belum kita ketahui. Buah apa sajakah ? Berikut adalah jenis buah yang mengandung vitamin C beserta manfaatnya :

  1. Mangga

Kandungan vitamin C dalam buah mangga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol buruk, meningkatan kesehatan tubuh, mencegah infeksi dan menjaga kesehatan kulit.

  • Belimbing

Belimbing memiliki berbagai jenis kandungan vitamin seperti vitamin B, vitamin C dan vitamin A. Semua vitamin ini berperan untuk membantu sistem metabolisme tubuh. Selain itu dalam belimbing juga ditemukan tiamin, niasin dan riboflavin yang bisa mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke.

  • Lemon

Lemon yang diolah menjadi jus sangat baik untuk mengatasi berbagai macam gangguan pernafasan dan memberikan efek tenang. Bahkan kandungan vitamin C dalam lemon bisa mencegah resiko kambuhnya asma.

  • Melon

Kandungan vitamin C dalam melon sangat baik untuk mencegah berbagai macam gangguan radikal bebas, mendukung sistem kekebalan tubuh dan mencegah berbagai macam penyakit yang disebabkan karena infeksi.

  • Alpukat

Vitamin C dalam alpukat sangat baik untuk mengendalikan berbagai macam gejala penuaan dini pada kulit seperti kerutan, bintik hitam dan semua masalah kulit karena paparan sinar matahari.

  • Sukun

Sukun juga mengandung vitamin C yang tinggi dan beberapa zat antioksidan sehingga sangat baik untuk mencegah serangan radikal bebas, mencegah infeksi karena kuman atau virus dan menjaga sistem kekebalan tubuh.

  • Anggur Hijau

Vitamin C dalam anggur hijau sangat bermanfaat untuk mencegah infeksi tubuh, bahkan vitamin C bekerjasama dengan zat antioksidan bisa mencegah pertumbuhan sel kanker.

  • Tomat

Tomat menyediakan vitamin C dalam jumlah yang sangat besar dan mampu memenuhi kebutuhan harian sehingga bisa bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dan kesehatan tubuh secara penuh.

  • Pir

Kandungan buah pir berupa vitamin C, vitamin K, dan tembaga yang bisa mencegah radikal bebas, mencegah infeksi dan berbagai jenis penyakit yang disebabkan karena peradangan organ.

  1. Pisang

Vitamin C, magnesium dan mangan dalam buah pisang bisa menurunkan resiko penyakit lambung, serangan radikal bebas dan melindungi tubuh terhadap infeksi bakteri maupun virus.