Banyaknya Bakteri yang Ada pada Tempat Fitness

Kebersihan tempat fitness merupakan aspek penting yang harus diperhatikan. Apabila tempat fitness tidak terawat kebersihannya maka kenyamanan akan terganggu, sehingga hal itu akan berpengaruh pada latihan yang dijalankan. Bagi Anda yang rutin berolahraga di tempat khusus atau fitness, sebaiknya lebih berhati-hati terhadap kuman yang berada diperalatan fitness yang Anda gunakan.

tempat fitnes

Sebuah studi penelitian memperlihatkan banyak jenis jamur dapat terangkat dan terbawa pulang dari tempat olahraga dan sebagian alat bahkan lebih kotor daripada toilet umum. Salah satu jejaring professional di Amerika Serikat melakukan pemeriksaan 27 jenis alat berbeda-beda di tiga rangkaian pusat kebugaran, yang cukup umum digunakan oleh konsumen. Dalam pemeriksaan tersebut, tingkat bakteri ditentukan berdasarkan unit pembentukan koloni (CFU), satu unit mikrobiologi yang digunakan untuk memperkirakan jumlah bakteri yang ada atau sel jamur di satu sampel, seperti laporan dari Xinhua.

Rata-rata peralatan yang terbukti dipenuhi dengan kuman lebih dari satu juta CFU, yaitu treadmill, sepeda olahraga, dan barbell. Para peneliti mendapati bahwa sepeda olahraga yang berada di pusat kebugaran memiliki 39 kali lebih kotor daripada nampan kafetaria. Bakteri yang ada pada treadmill 74 kali lebih banyak dibandingkan dengan keran kamar mandi umum. Dan yang paling parah ialah barbell yang memiliki bakteri 382 kali lebih banyak daripada toilet duduk umum.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *