Apakah Buah Salak Termasuk Tanaman Herbal

Buah salak merupakan tipe buah batu berbentuk segitiga yang memiliki pangkal runcing dan ujung membulat. Buah ini memiliki panjang antara 2,5cm hingga 10cm dengan ketebalan daging 1,5cm. Buah salak memiliki kulit menyerupai sisik yang berbentuk segitiga yang tersusun rapi dan terdapat banyak duri kecil yang mudah putus di ujung sisik. Buah salak juga dilengkapi dengan biji pucat lunak pada buah yang masih muda dan biji berwarna kuning hingga kehitaman keras pada buah yang sudah matang.

Tanaman salak dapat berbuah sepanjang tahun, namun pada umumnya tanaman ini memiliki masa panen di empat musim , yaitu :

  • Musim panen raya pada bulan nopember, desember dan januari
  • Musim panen sedang pada bulan mei, juni dan juli
  • Musim panen kecil pada bulan febuari, maret dan april
  • Masa kosong atau masa istirahat pada bulan agustus, september dan oktober. Apabila pada masa kosong ini terdapat tanaman salak berbuah, maka disebut dengan buah slandren

Pada penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa ITB menyimpulkan bahwa buah salak merupakan tanaman herbal yang banyak digunakan oleh masyarakat. Salah satu manfaat buah salak yang umum diketahui yakni untuk mengobati diare dan untuk kesehatan mata. Selain dari buahnya, daun pada tanaman salak ini juga dipercaya untuk menghilangkan penyakit wasir dan membantu pemulihan ginjal kronis.