APA ITU FLU BURUNG

Flu Burung atau Avian Influenza adalh suatu penyakit yang disebabkan oleh virus influenza Strain type A (H5N1). Penyakit ini dapat menular dari burung unggas ke burung unggas dan juga dari burung unggas ke manusia. Sedangkan untuk penularan pada manusia ke manusia, sampai saat ini belum ditetntukan dengan masa inkubasi selama 1-3 hari. Sumber penularan penyakit Flu Burung ini dapat melalui udara yang tercemar berasal dari kotoran atau sekreta unggas yang menderita influenza.

flu burung

Penyakit Flu Burung ini memiliki gejala seperti gejala flu biasa, misalnya demam, sakit tenggorokan, batuk, ber-ingus, nyeri otot, dan sakit kepala. Namun dalam waktu singkat dapat menjadi berat karena terjadi peradangan pada paru atau pneumonia yang menyebabkan meninggal dunia. Apabila menemukan gejala tersebut, sebaiknya segera berobat ke sarana pelayanan kesehatan yang ada, baik itu puskesmas atau pun rumah sakit.

Pencegahan

  • Peternak dan orang yang hendak memasuki peternakan unggas harus menggunakan masker dan berganti baju dengan baju yang sudah disucihamakan. Mereka yang kontak langsung dengan unggas disarankan untuk menggunakan kacamata plastik (goggle).

kaca mata lab

  • Lalulintas orang yang akan keluar masuk kandang harus dibatasi.
  • Orang dan kendaraan yang keluar masuk kandang harus disemprot dengan larutan desinfektan.
  • Alat-alat yang digunakan dalam peternakan harus dicuci dengan larutan desinfektan.
  • Kandang dan kotoran tidak boleh dikeluarkan dari lokasi peternakan.
  • Bila mengkonsusmi daging ayam harus dipanaskan pada suhu 80⁰ Celsius minimal selama satu menit, sedangkan mengkonsumsi telur ayam dipanaskan pada suhu 64⁰ Celsium minimal selama 4,5 menit.

Demikian informasi yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat. Sumber dari Dinas Kesehatan propinsi DKI Jakarta.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *